Streching Efektif Pada Permainan Bola Basket

Authors

  • Muhammad Fakhrur Rozi
  • Ronni Yenes Universitas Negeri Padang
  • Sari Mariati Universitas Negeri Padang
  • Suci Nanda Sari Universitas Negeri Padang
  • Desi Purnama Sari Universitas Negeri Padang
  • Nisa Aldani Universitas Negeri Padang
  • Yogi Arnaldo Putra Universitas Negeri Padang

Keywords:

Streching, Bola Basket, Olahraga

Abstract

Permasalahan saat ini pengetahuan mengenai cara terbaik dalam persiapan pertandingan adalah bagaimana seorang atlet melakukan pemanasan sebelum pertandingan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kegiatan sosialisasi bekerjasama dengan PERBASI Kabupaten Solok yang diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas proses latihan khususnya dalam setiap program bola basket. Dengan adanya sosialisasi streching efektif dalam permainan bola basket di rasa tepat sebagai hal yang bermanfaat dan memberikan kontribusi kepada ekstrakurikuler sekolah mitra khususnya SMP Negeri 20 Selayo dengan jumlah 28 atlet atau siswa. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian  masyarakat ini adalah adanya peningkatan pemahaman baru yang berorientasi kepada pemahaman tentang pelaksanaan pemanasan (streching) yang efektif dilakukan pada atlet atau siswa sekolah menengah pertama sebelum melakukan permainan olahraga apalagi berhadapan pada saat pertandingan, peningkatan kemampuan atlet atau siswa dalam permainan kecil bola basket menggunakan Dribble Knockout, line tiggy, Team Dribble Relays (Speed Dribble & Ball Handling) , Bull in the ring, 4 Pass to Score. Dari hasil tersebut pada pelaksanaannya dapat ditarik kesimpulan bahwa sosialisasi antusias siswa pada pelaksanaan dengan menggunakan streching efektif lebih dari 90% mengikuti dengan baik. Pada permainan bola basket bagi siswa SMP dinilai baik dapat dicerna dan efektif, serta respon Tanya jawab dilakukan dengan serius. Rekomendasi bagi siswa pada sekolah lain selama mengikuti kegiatan bisa memberikan respon positif sehingga ini baik dilaksanakan pada tingkat usia 13-15 tahun.

References

Adang Suherman. (2000). Revitalisasi Pengajaran Dalam Pendidikan Jasmani.Bandung: CV. Bintang Warli Artika.

Ahmadi, Nuril. (2007). Permainan Bola Basket. Surakarta: Era Intermedia.

Al-khalili. (2005). Mengembangkan kreativitas anak.Jakarta: Pustaka Al-Kautsar. Ano, Anwar. 2010. Permainan Bola Basket. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Haluoleo, Kendari.

Lutan, Rusli. (1997). Manusia dan Olahraga, Bandung: Penerbit ITB.

Mahendra (2009). Modul Asas dan Falsafah Pendidikan Jasmani. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Sanoesi, dkk (2012). Teknik Dasar Permainan Bola Basket.Bse Penjasorkes.

Suherman. (2009). “Pengembangan Model Pembelajaran Outdoor Education Pendidikan Jasmani Berbasis Kompetensi di SD”, dalam jurnal ilmiah Universitas Pendidikan Indonesia, ed.254, hlm. 113-125.

Sumiharyono, Dedy. (2002). Keterampilan Basket. Yogyakarta: FIK UNY. Sodikum, Imam. (1992). Olahraga Pilihan Bola Basket. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tedjasaputra. (2001). Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Grasindo. Wissel, Hal. (2000). Bola Basket. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2023-04-24

How to Cite

Rozi, M. F., Yenes, R., Mariati, S., Sari, S. N., Sari, D. P., Aldani, N., & Putra, Y. A. (2023). Streching Efektif Pada Permainan Bola Basket. Pamungkas, 1(1), 16–24. Retrieved from https://pamungkas.ppj.unp.ac.id/index.php/pamungkas/article/view/4