Pemanduan Bakat Peningkatan Prestasi di SMP IT Alhijrah

Authors

  • Eval Edmizal
  • Yanuar Kiram Universitas Negeri Padang
  • Eko Purnomo Universitas Negeri Padang
  • Pringgo Mardesia Universitas Negeri Padang
  • Romi Mardela Universitas Negeri Padang
  • John Arwandi Universitas Negeri Padang
  • Jeki Haryanto Universitas Negeri Padang

Keywords:

Pemanduan, Bakat Olahraga, System Informasi

Abstract

Melalui identifikasi bakat, maka dapat menemukan calon pemain bulutangkis berbakat, dapat memilih calon atlet usia dini, dapat memonitor secara terus menerus atlet yang berbakat dan dapat membantu calon atlet yang berbakat untuk mencapai prestasi yang tinggi. Oleh karena itu, prestasi yang tinggi dapat tercapai jika sejak awal ditemukan atlet yang berbakat sesuai dengan cabang olahraga yang dipelajarinya dan pemahaman mental training. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan bermanfaat bagi sekolah khususnya guru, pelatih, orang tua, santri serta masyarakat di sekitar SMP IT Alhijrah di Padang Panjang, untuk dapat mengenal serta menelusuri bakat olahraga yang dimiliki oleh setiap anak. Pemanduan Bakat merupakan instrument untuk mengukur kemampuan anak sesuai dengan cabang olahraga. Menjelaskan serta mengajarkan mitra dalam menggunakan instrumen ini agar dapat dipakai dalam mengevaluasi mengarahkan santri, sehingga akan menghasilkan cabang olahraga apa yang sesuai dengan karakteristik masing-masing santri disekolah tersebut. Manfaat lain yang diharapkan dari sisi psikologis adalah melalui kegiatan ini bermanfaat dalam membatu pembenahan mental santri agar bisa lebih percaya diri saat bertanding dalam even olahraga termasuk kesiapan administrasi digital, juga bagi guru/pelatih sekolah lebih mudah untuk mengarahakan dan memberikan pelatihan sesuai dengan bakat yang dimiliki oleh santrinya.

References

Bakhtiar. (2001). Sport Science. PusatStudiIlmuKeolahragaanUniversitasNegeri Padang. Padang.

Bompa, Tudor O., Theory and Methodology of Training (Dubuque, Iowaq Kendall// HunstPublising Company, 1990)

Depdiknas. (2003).PenerapanIlmiahdanProsesSistematikdalamPemanduanBakat. Jakarta:Depdiknas.BagianProyekFasilitasOlahragaPrestasiDirektoratJenderalOlahraga.

H. M. Yusuf HadisasmitadanAipSyarifuddin. (1996). IlmuKepelatihandasar. Jakarta :DirektoratJenderalPendidikanTinggi

HidayatullahFurqon M. (2008) OlahragaUsia Dini danPemanduBakat. Jakarta: KemenporaRepublik Indonesia

Harsono.(1988). Coaching dan Aspek-Aspek Psikologis Dalam Choching.Jakarta:TambakKusuma.

Irianto. (2002). DasarKepelatihan. Yokyakarta: FIK UNY.

Downloads

Published

2023-04-20

How to Cite

Edmizal, E., Kiram, Y., Purnomo, E., Mardesia, P., Mardela, R., Arwandi, J., & Haryanto, J. (2023). Pemanduan Bakat Peningkatan Prestasi di SMP IT Alhijrah. Pamungkas, 1(1), 1–14. Retrieved from https://pamungkas.ppj.unp.ac.id/index.php/pamungkas/article/view/2